5 Jenis Pekerjaan Di Bidang Pemrograman Web


cianjurgame.com - Jangan sungkan-sungkan untuk mendalami sebuah hobi, apalagi kalau bisa menghasilkan uang.Jika kamu menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan hobimu, maka pelajari dengan seksama.Hal itu tidak akan sia-sia, pasti akan membantumu suatu saat nanti.

Sama halnya dengan hobi yang berkaitan dengan website.Tahukah kamu, kalau setiap bagian web mempunyai penanggung jawabnya sendiri ? berikut 5 pekerjaan di bidang pemrograman web.

5 Macam Profesi Dalam Pemrograman Web

 1) Web Programmer (Backend Web Developer)



Web programmer bertanggung jawab dalam pemrograman situsnya agar lebih dinamis, mempermudah akses, pembuatan script fasilitas tambahan, dan mengujinya apabila ada suatu masalah.Untuk menjadi seorang web programmer, minimal kamu harus menguasai bahasa-bahasa yang biasa digunakan, seperti :

  • HTML & CSS
  • PHP & MySQL
  • JavaScript & Python
  • Node.js
Selain itu, bila kamu ingin menjadi web designer, maka kamu harus kreatif dalam apapun.

 2) Web Designer (Frontend Web Developer)


Web designer bertanggung jawab dalam segala aspek visual di situsnya.Segala hal seperti menata layout, mengatur konten media, dan membangun template dari halaman awal hingga akhir merupakan aktivitas umumnya.Tidak lupa, seorang web designer juga harus melakukan uji coba dan mengembangkan tampilan situsnya agar tidak ketinggalan jaman (kekinian).Untuk menjadi seorang web designer, setidaknya kamu harus menguasai :

  • HTML & CSS,
  • JavaScript,
  • Bootstrap (Framework CSS) & jQuery (Penganimasian),
  • Pengeditan (desain).
Selain itu, bila kamu ingin menjadi web designer, maka kamu harus kreatif dalam hal apapun.

 3) Web Administrator


Web administrator bertanggung jawab dalam mengelola administrasi server.Seorang web administrator harus mengenal sitem operasi server dengan baik, mulai dari tahap instalasi sampai troubleshooting masalah-masalah yang dihadapi.Seorang web administrator umumnya harus menguasai :


  • OS Server (Linux, Windows, FreeBSD, dll)
  • Jaringan (LAN, MAN, WAN)
  • Keamanan Server

 4) Web Developer (Fullstack Web Developer)


Seorang web developer merupakan orang yang menguasai fullstack web developer.Jadi, untuk menjadi web developer kamu harus menguasai backend web developer & frontend web developer.Tidak lupa juga, kamu harus mengikuti arus deras kemajuan tekhnologi saat ini.

 5) Web Master


Seorang web master merupakan orang yang ahli ke empat bagian di atas.Meskipun menguasai semua hal yang berkaitan dengan web, seorang web master tidak bekerja sendirian.Ia juga tidak akan terlalu mengurusi hal yang diluar tanggung jawabnya.

Tertarik dengan profesi-profesi di atas ? apalagi dengan semaraknya kemajuan tekhnologi saat ini, profesi-profesi diatas menjadi sangat dibutuhkan.Dengan gaji yang menggiurkan tentunya.Jadi, tunggu apa lagi ? Mari belajar Tekhnologi !!!

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat :3
Re-Kazed - All With Tech

Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Pekerjaan Di Bidang Pemrograman Web"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel